Central Processing Unit (CPU)


CPU merupakan jantung komputer karena CPU merupakan pusat kendali dari system komputer. CPU disebut juga dengan processor.

CPU berfungsi untuk :
  • Memberikan Address Data dan program.
  • Memasukan data dan mengambil data.
  • Memproses data secara Arithmatic dan Logical.
  • Melaksanakan Intruksi-intruksi secara berturut-turut.

CPU dapat merupakan penghubung antara Internal Storage dan Input/Output Device. CPU terdiri dari Arithmatic and Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU). Dalam system komputer, CPU merupakan element yang paling pentng. Pada mesian yang besar, CPU membutuhkan Printed Circuit Board (PCB).

Komputer terdiri dari satu atau beberapa board, yang bisa disebut Card atau Adapter. Circuit Board terdiri dari beberapa kategori, misalnya Mainboard, Expansion board, Daughterboard, Controller Board, Network Interface Card (NIC) dan Video Adapter. Mainboard merupakan board utama yang mempunyai konnektor untuk menempelkan peralatan ke bus. Expansion board adalah setiap board yang ditempelkan pada slot expansi komputer. Daughterboard adalah setiap board yang menempel secara langdung pada board lain. Controller Board merupakan tipe khusus dari board expansi yang mengandung controller untuk sebuah peralatan peripheral. Network Interface Card merupakan board expansi yang memungkinkan PC berhubungan dengan Local Area Network (LAN). Sedangkan adapter card merupakan board expansi yang mengandung controller untuk monitoring grafik.

Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Arithmetic and Logic Unit (ALU) adalah melaksanakan seluruh perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan operasi logika. Hasil dari operasi tersebut di letakan dalam register yang disebut Accumulator.
ALU berfungsi untuk melakukan operasi arithmatic dan logic yang terbagi dalam 4 kelas, yaitu decimal arithmatic, fixed poin arithmatic, floating point arithmatic, dan logic operation.
Decimal Arithmatic digunakan untuk operasi komersial dan dinyatakan dalam bilanga desimal dengan memakai tanda plus (+) untuk bilangan positif, serta tanda minus (-) untuk bilangan negatif. Fixed Poin Arithmatic adalah untuk operasi arithmatic dari data binary dan untuk menyatakan address dari storage. Floating Poin Arithmatic untuk operasi matematika. Logic Operation dapat berupa operasi-operasi perbandingan, testing, translating, editing, dan moving logic data. Biasanya CPU dilengkapi dengan Internal Timer dan Time Of Day Clock. Internal timer akan mengukur internal processing time, yaitu berapa lama program itu bekerja. Time Of Day Clock digunakan untuk mengukur dan menyatakan waktu (hari), jam, dan detik. Waktu yang dapat dikumpulkan 142 tahun dan clock tersebut bekerja sesuai binnary.




Control Unit (CU)
Control Unit merupakan bagian dari CPU yang berfungsi untuk :
  • Membaca dan mengintepreskan intruksi-intruksi program.
  • Melangsukan operasi komponen-komponen prosessor internal.
  • Mengendalikan aliran program dan data kedalam dan keluar RAM.

Control Unit terdiri dari decoder dan tiga register (program register, instruction register, dan general purpose register). Register merupakan area penyimpanan yang bekerja dengan kecepatan tinggi. Register menangani intruksi dan data pada kecepatan 10 kali lebih cepat dari pada cache memory dan digunakan untuk satu variasi fungsi pengolahan. Decoder berfungsi mengintepresikan dan mengkodekan instruksi-intruksi program. Program register adalah register mengandung alamat dari instruksi yang akan di eksekusi. Instruction register adalah reister yang mengandung intruksi yang sedang dieksekusi. Register memberikan fasilitas perpindahan instruksi dan data antar RAM, Control Unit dan Arithmatic and Logic Unit.


Bahasa yang dimengerti komputer (prosesor) adalah bahasa mesin. Setiap komputer mempunyai siklus mesin. Kecapatan prosesor biasanya diukur dengan berapa lama waktu yang diperlukan siklus mesin. Interval waktu siklus mesin adalah total waktu instruksi (instruction time) dan waktu eksekusi (execution time).



0 Response to "Central Processing Unit (CPU)"

Posting Komentar