Pengertian Motherboard Komputer




Motherboard adalah board sirkuit utama dari mikrokomputer. Motherboard mengadung konektor untuk menempelkan board-board tambahan lainya dan mengandung CPU, BIOS, memory, Storage, Interface, Port serial dan parallel, slot expansi, dan semua kontroler yang dibutuhkan untuk mengontrol peralatan periperal standrt, misalnya monitor, keyboard, dan disk drive.

Slot dan Port Ekpansi
Sebelum anda membeli komputer, sebaiknya anda meneliti dulu apakah komputer tersebut dapat di expansi bila di kemudian hari anda ingin menambahakan asesoris multimedia. Untuk menambah aksesoris multimedia di komputer, ada empat tehnologi yatu slot expansi, Universal Serial Bus (USB), Small Computer Sistem Interface (SCSI) dan FireWire.

Slot expansi merupakan rangkaian card tempat anda menempelkan atau mencolokan tambahan fungsionalitaskomputer anda. Untuk dapat di expansi, omputer membutuhkan mnimal satu atau dua slot kosong. Komputer portebel mempunyai slot yang disebut periperal Component Interconnect (PCI). Mungkin juga komputer dekstop mempunyai slot yang lebih tua, yaitu bedasarkan pada Industry Standard Architerture (ISA), tetapi ISA lebih lambat dibandingkan dengan PCI. Motherboard yang baru seluruhya memakai PCI, karenan lebih cepat dan lebih fleksibel. PCI menggunakan sumberdaya bersama (resource sharing) dan terkonfigurasi otomatis melalui BIOS dan Sistem Operasi.

Universal Serial Bus (USB) merupakan cara yang paling populer untuk menghubungkan periperal komputer, misalnya dengan kamera digital, scaner printer, mesin fax, drive ZIP, dan mouse optik. Anda dapat memunyai sampai 128 peralatan USB sekali install di komputer anda. Anda harus memastikan bahwa komputer yang anda beli mempunyai dua port USB yang built in pada mainboard. Jika anda mempunyai naggaran terbatas, anda dapat membeli HUB splliter USB yang harganya tidak terlalu mahal untuk mendapatkan port USB tambahan. Tetapi memang kalau tidak ada, Anda dapat memasang USB card pada port PCI yang kosong. USB card versi terbaru adalah USB 2.0 yang mempunyai kecepatan sampai 40 kali lipat dibandingkan versi sebelumnya.

Small Computer Sistem Interface (SCSI) memungknkan anda untuk dapat merangkai dalapan peralatan penympanan data. Meskipun CD-ROM drive menggunakan SCSI, kebanyakan komputer tidak mempunyai konektor external SCSI. Bila anda membutuhkan untuk menghubungkan ke peralatan SCSI maka anda harus menyediakan sebuah slot expansi untuk menginstall board SCSI. Peralatan SCSI tersedia untuk hardisk internal dan hardisk external., CD-ROM drive, dan R/W Optical drive. Peralatan PCSI yang populer adalah lomega jaz disk drive.

FireWire adalah teknologi serial kecepatan tinggi untuk menghubungkan periperal ke sebuah komputer. Awalnya dikembangkan oleh Apple. FireWire sekarang sudah menjadi sebuah standar industri resmi (IEEE 1394), sehingga diluar Macintosh pun dapat digunakan. Jika anda membeli komputer, yakinkah bahwa komputer tersebut mempunyai port FireWire sehingga anda dapat menghubungkan periperal komputer misalnya DVD, Camcorder, Hardisk, dan Printer. Kalau anda mau menggunakan menghubungkan beberapa perangkat berkonektor FireWire sekaligus secara bersamaan, anda akan repot karena PC, Notebook, Mac hanya menyertakan satu atau dua port. 

0 Response to "Pengertian Motherboard Komputer"

Posting Komentar